top of page
Search
  • Writer's pictureDana Pramudya

Penyakit Ginjal Diabetes

Nefropati Diabetik: Mengerti Kerusakan Ginjal Akibat Diabetes


Diabetes sering kali kita kenal sebagai penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah yang tinggi. Tapi tahukah Anda bahwa diabetes juga bisa merusak ginjal? Kerusakan ini disebut nefropati diabetik. Mari kita pelajari lebih lanjut!


Mengapa Diabetes Bisa Merusak Ginjal?


Orang dengan diabetes tipe 2 mungkin sudah memiliki tanda-tanda kerusakan ginjal saat pertama kali tahu mereka punya diabetes. Sementara pada diabetes tipe 1, kerusakan ginjal biasanya muncul setelah 15-20 tahun. Ini terjadi karena gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah kecil di ginjal, yang fungsinya menyaring limbah dari darah kita.

Ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan mengalami kerusakan ginjal akibat diabetes, seperti orang Afrika Amerika, penduduk asli Amerika, dan orang Amerika Meksiko. Bahkan, dalam satu keluarga, jika ada yang mengalami kerusakan ginjal akibat diabetes, anggota keluarga lainnya punya kemungkinan yang sama.


Bagaimana Diabetes Merusak Ginjal?


Gula darah yang tinggi bisa memicu peradangan di ginjal. Hal ini mempengaruhi cara kerja ginjal dalam menyaring limbah, sehingga protein yang seharusnya tetap di dalam tubuh kita malah ikut keluar lewat urin. Jika ini terjadi terus-menerus, ginjal kita bisa mengalami kerusakan parah.

Ingat, bukan karena obatnya


Bagaimana Cara Mengetahui Ginjal Saya Terkena Dampak?


Awalnya, mungkin tidak ada gejala yang dirasakan. Namun, dokter biasanya akan memeriksa apakah ada protein dalam urin Anda. Jika jumlahnya meningkat, ini bisa jadi tanda awal kerusakan ginjal. Gejala lain yang mungkin muncul adalah tekanan darah tinggi, kaki yang bengkak, mudah lelah, dan urin berbusa.


Apa yang Harus Saya Lakukan?


Jika Anda memiliki diabetes, penting untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Cek tekanan darah Anda secara rutin dan ikuti saran dokter tentang obat atau gaya hidup yang sehat. Jika Anda khawatir tentang ginjal Anda, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan rutin atau obat tertentu untuk melindungi ginjal Anda.


Kesimpulan


Meski diabetes bisa merusak ginjal, dengan pemahaman dan perawatan yang baik, kita bisa melindungi ginjal kita. Penting untuk selalu mengontrol diabetes dan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

113 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page